Singapura dan Adat Istiadatnya

 Singapura, banyak alasan kenapa orang ingin mengunjungi negara satu ini, baik itu dari sisi wisatanya, pendidikannya, kulinernya, kesehatan, dan masih banyak lagi. Untuk itu, jika hendak mengunjungi negara ini sebaiknya pahami dulu budaya dan aturan yang ada di sana, agar tidak gagap ketika menghadapi beragam aturan yang mungkin sangat berbeda dari negara kita.

Pengaturan yang ada di Singapura mungkin akan sangat membatasi gerak warga atau wisatawan agar tidak bisa bertindak sesuka mereka. Jika kita melanggar aturan yang ada, maka bisa berakibat kita mendapatkan sanksi tegas dari pemerintah.

Jadi bagi yang ingin berlibur ke Singapura sangat penting untuk memahami ada peraturan apa sak yang tidak boleh dilanggar. Oleh karena itu, mari kita ketahui bersama peraturan apa saja yang tidak boleh dilanggar di Singapura.

Aturan Ketat yang Ada di Negara Singapura

1.Jangan Buang Sampah Sembarangan

Mungkin sebenarnya aturan ini berlaku di negara mana pun, termasuk Indonesia. Namun, sepertinya aturan ini biasanya kurang ketat karena hukuman yang didapatkan juga tidak begitu membuat pelakunya jera. Nah, berbeda dengan di Singapura, karena jika kedapatan membuat sampah sembarangan, denda yang wajib dibayarkan tidaklah sedikit.

Untuk membuang sampah sembarangan, wajib membayar denda sebesar 300SGD, atau jika dirupiahkan kurang lebih 2,9 juta rupiah.

2. Jangan Menyeberang Sembarangan

Dengan kekuatan tangan ajaib, biasanya orang Indonesia menyeberang dengan sesuka hati. Tapi di Singapura, mereka memiliki aturan yang ketat mengenai lalu lintas. Kalau ingin menyeberang, pastikan menyeberang di zebra Cross dan menyeberang ketika lampu tanda menyeberang sudah hijau. Jika melanggar, wajib membayarkan denda sebesar 1,000 SGD, atau jika dirupahkan sekitar 10.7 juta rupiah. Namun jika tidak ingin membayarkannya, maka Anda dapat dipenjara selama 3 bulan.

3. Jangan Meludah Sembarangan

Meludah merupakan sebuah kebiasaan buruk yang tidak seharusnya dilakukan. Nah, di Singapura mereka ada cara untuk mengurangi kebiasaan buruk ini. Yaitu dengan memberikan denda bagi mereka yang kedapatan meludah sembarangan. Selain bisa menyebarkan penyakit, kalau di Singapura, mereka akan memberikan denda dengan jumlah yang sama dengan menyeberang sembarangan. Sangsi ini juga berlaku jika membuang ingus sembarangan.

4. Merokok Sembarangan

Di Indonesia, orang-orang lebih bebas untuk merokok di tempat umum. Meski sudah ada peraturan mengenai hal ini, namun sulit untuk mengendalikan para perokok. Kalau di Singapura, merokok di tempat umum sama saja dengan membuat kantongmu kosong. Karena denda yang diberikan untuk para perokok di tempat umum bisa mencapai 1,000 SGD.

5. Jangan Lupa Siram Toilet Umum

Pernahkah memasuki toilet umum lalu melihat toilet yang belum di siram? Nah, di Singapura akan ada denda bagi orang yang lupa menyiram toiletnya. Bukan hanya yang lupa saja, jika sudah menyiram namun belum bersih, tetap ada denda untuk hal itu.

6. Jangan Curi Wifi

Wifi merupakan hal yang sangat dicari-cari di berbagai tempat. Tetapi jika kamu mendapatkannya secara ilegal, lebih baik jangan lakukan itu, khususnya di Singapura. Karena ini masuk ke pelanggaran hukum dan bisa dikenakan denda 1,000 SGD.

7. Jangan Minum dan Makan di Transportasi Umum

Terakhir yang kami sampaikan adalah jangan sampai Anda konsumsi makan dan minum di tempat umum, karena ini bisa membuat Anda terkena denda. Makan dan minumlah di tempat yang sudah disediakan. Bukan hanya makanan berat saja, jangan juga ngemil ketika berada di tempat umum di sana.

Nah, itulah beberapa aturan ketat di Singapura yang wajib ditaati. Kalau sudah paham, kita siap untuk pergi ke Singapura!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *