Perbedaan Budaya antara Barat dan Timur

Budaya, sebuah cara hidup yang dimiliki bersama sekelompok orang dan diwariskan dari generasi sampai generasi. Ini terbentuk dari banyaknya unsur, termasuk dengan agama, politik, adat, bahasa, dan masih banyak unsur lain yang mempengaruhi bahasa. Terkadang, ada orang yang berusaha berkomunikasi dengan orang yang berbeda budaya, maka ia akan berusaha untuk menyesuaikan orang tersebut.

Lain tempat maka lain juga budaya yang ada di sana, kontras yang paling terasa adalah perbedaan antara budaya timur dan barat. Letak perbedaan antara dua budaya ini bisa dilihat dari etika yang ditunjukkan.

Budaya barat lebih dikenal sebagai budaya yang bebas, baik itu di dalam gaya berpakaian, pergaulan, sampai ke caranya dalam mengekspresikan diri. Mereka seakan tidak pernah malu dengan cara mereka mengekspresikan diri. Segala hal tidak begitu ketat, bahkan perilaku seks bukan lagi hal tabu yang bisa diperbincangkan. Meski demikian, mereka lebih dikenal sebagai masyarakat yang bersifat individualisme dan lebih mementingkan diri sendiri.

Di samping kebiasaan hidup mereka, ada juga hal lain, seperti kemajuan teknologi yang terasa pada berbagai sektor. Masyarakat yang menganut budaya barat memiliki prinsip time is Money, atau waktu adalah uang. Sehingga mereka benar-benar menghargai waktu.

Lalu bagaimana dengan budaya timur? Etika moral yang berada di budaya timur lebih ketat dibandingkan dengan budaya barat. Selain itu beragam adat istiadat masih dijunjung tinggi di timur, bahkan beberapa adat ada yang bersanding dengan hukum negara.

Cara berpakaian dan pergaulan yang ada di timur juga sangat berbeda, untuk berpakaian dituntut untuk menunjukkan kesopanan. Pakaian harus tertutup, tidak boleh terlalu terbuka. Dalam pergaulan juga tidak diperbolehkan untuk terlalu bebas dan yang merusak moral. Tetapi masyarakatnya dituntut untuk ramah dan bahkan tidak sungkan untuk bergotong-royong.

Sering kali mereka yang penganut budaya timur ini terlena akan waktu, itu berdampak pada kemajuan teknologi yang seakan melambat dan kurang merata.

Kepribadian yang ada di bangsa timur bisa diartikan sebagai sikap suatu negara dan menentukan penyesuaian diri pada lingkungan. Bangsa timur masyarakatnya rata-rata memiliki sifat toleransi yang tinggi dan dikenal sebagai bangsa yang memiliki kepribadian baik. Batas toleransi itu ada pada sejauh apa toleransinya, apakah masih sesuai dengan norma, etika, adat, dan istiadat.

Meski demikian, kita tidak dapat mengatakan kalau suatu budaya lebih baik dari budaya lainnya. Karena semuanya memiliki sisi positif dan negatifnya masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa contoh perbedaan yang ada di budaya timur dan barat

Budaya Timur

  • Menjunjung tinggi kebersamaan
  • Menjaga perasaan sesama
  • Menjaga sikap sopan dan santun
  • Menjaga sikap kepada orang yang lebih tua
  • Masih memegang teguh adat dan istiadat

Budaya Barat

  • Disiplin dan Menghargai waktu
  • Lebih mudah dalam menghadapi masalah
  • Memanggil orang tua dengan nama orang tuanya sendiri
  • Lebih Individualis
  • Bergaya hidup lebih modern

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari perbedaan budaya yang ada di timur dan barat ini adalah meski memiliki perbedaan dari beragam aspek, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Budaya barat kerap kali mendapatkan pandangan negatif dari penganut budaya timur, karena sangat bertentangan dengan budaya timur.

Meski demikian, budaya barat dikatakan lebih maju di sektor teknologi. Sedangkan untuk budaya timur, lebih unggul dalam hal menjaga moral, sopan santun, dan adat istiadat. Jadi bagi yang masih kerap membandingkan kedua budaya ini, lebih baik jangan dan lihat sisi positifnya mulai sekarang, yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *