Pemakaman Unik yang Ada di Indonesia

Kematian merupakan sebuah momen yang sangat besar, tidak sama seperti pernikahan atau kelahiran, tapi momen ini juga biasa di berikan acara besar meski merupakan acara duka cita. Biasanya pelaksanaan acara semacam ini memiliki tujuan untuk menghormati orang yang sudah tiada, jadi mereka memperlakukannya dengan baik.

Dari masing – masing suku bangsa di Indonesia memiliki tradisi pemakaman yang unik, bahkan dapat dikatakan upacara sejenis ini tidak bisa dengan mudah ditemukan di mana pun. Terkadang acara – acara semacam ini. Terkadang ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

Berikut ini adalah beberapa pemakaman unik yang hanya ada di Indonesia.

Pemakaman Unik Hanya di Indonesia

1.Ngaben – Bali

Ngaben adalah salah satu upacara yang unik pertama yang akan kita bahas. Dalam acara satu ini, jenazah akan dibakar bersama dengan benda – benda unik, seperti misalnya patung, bunga, dan lain – lainnya. Acara ini memiliki artian sebagai tanda keikhlasan dari keluarga untuk bisa melepas kepergian dari orang yang meninggal.

Selain itu, Ngaben juga menjadi acara yang menyimbolkan pelepasan roh dari keduniawian dan mengembalikan unsur Panca Maha Butha ke alam semesta. Setiap tahunnya acara Ngaben selalu menarik perhatian para wisatawan, khususnya turis dari luar negeri.

2.Rambu Solo’ – Toraja

Toraja memang dikenal sebagai suku yang hingga kini masih memegang erat budaya yang mereka miliki, salah satunya adalah Rambu Solo’. Rambu Solo’ merupakan upacara pemakaman di Toraja yang mereka lakukan secara besar – besaran. Biasanya bagi mereka yang kurang mampu, memerlukan persiapan bertahun – tahun untuk bisa melakukan acara ini.

Bagi mereka yang berasal dari bangsawan, persiapan akan berlangsung selama beberapa bulan saja. Ketika melangsungkan upacara ini, keluarga akan menyembelih banyak kerbau. Kerbau didapatkan dengan harga yang mahal, jadi mereka yang melakukan upacara ini memerlukan dana hingga miliaran rupiah.

3.Pembakaran Jenazah & Potong Jari – Suku Dani

Suku Dani merupakan suku yang menghuni lembah Baliem, mereka memiliki banyak tradisi unik, salah satunya adalah upacara kematian. Saat ada kematian seorang anggota keluarga, beberapa diantara keluarga yang masih hidup akan memotong ruas jari mereka. Tradisi satu ini memang cukup ngeri untuk dilakukan, namun ini sebagai tanda ungkapan rasa sakit dan sedih.

Setelah melakukan pemotongan jari, mereka akan mandi di lumpur dan mengelilingi jenazah yang dibakar dalam keadaan menangis.

4.Tiwah – Suku Dayak

Tiwah merupakan salah satu upacara pemakaman yang  unik di Kalimantan Tengah. Upacara yang dilakukan oleh suku Dayak ini dilakukan dengan menguburkan jenazah beberapa tahun hingga menjadi tulang. Kegiatan unik dilakukan untuk menyempurnakan jenazah di upacara terakhir jadi keterikatan orang yang sudah meninggal tersebut dengan dunia bisa segera dilepaskan.

Untuk melakukan upacara ini, Suku Dayak membutuhkan waktu berhari – hari dengan dana yang tentunya tidaklah sedikit.

5.Mumifikasi – Suku Asmat

Pemakaman unik terakhir yang akan kami bahas adalah Mumifikasi yang dilakukan oleh Suku Asmat. Suku Asmat merupakan suku yang berada di Papua yang melakukan mumifikasi bagi mereka yang memiliki kedudukan tinggi, seperti kepala suku atau panglima perang.

Para petinggi yang sudah meninggal ini akan dibuat menjadi mumi, jenazah mereka akan diolesi dengan zat tertentu, setelah itu akan diletakkan di atas perapian. Jenazah akan terkena asap secara perlahan dan setelah beberapa tahun mayat akan di posisikan duduk ini memiliki warna yang hitam. Mumi ini akan disimpan di rumah pria untuk nantinya dikeluarkan saat ada tamu datang.

Nah, itulah beberapa upacara unik yang ada di Indonesia. Semoga informasi ini bisa memberikan kamu info bermanfaat mengenai budaya, terima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *