Filipina merupakan salah satu negara yang seringkali dijadikan sebagai tempat wisata. Disini ada banyak sekali kebudayaan serta kebiasaan yang tidak bisa kita temukan di negara lain.

Nah, untuk kalian yang berencana liburan ke Filipina dalam waktu dekat, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu budaya yang mereka miliki.

10 Macam Budaya Filipina Yang Unik

 Kebudayaan Filipina sendiri merupakan percampuran antara tradisi asli penduduk setempat dengan tradisi yang dikenalkan pada zaman colonial.

Namun, semua budaya itu tetap dianggap sebagai kebudayaan khas Fillipina.

1.Jeepney

Kendaraan yang disebut-sebut sebagai “Raja Jalanan” ini merupakan ikon populer pariwisata Filipina karena Jeepney hanya ada disini.

Kendaraan ini sangat umum digunakan di negara tersebut. Jeepney sendiri sebenarnya dibuat dari mobil Jeep militer AS yang digunakan pada Perang Dunia II.

2.Tamaraw

Tamaraw adalah kerbau kerdil Mindoro yang merupakan satu-satunya sapi endemic di Filipina. Pemerintah di sana mengatakan ada kurang lebih 10 ekor tamaraw yang hidup di Mindoro di awal tahun 1.900an.

Sayangnya, karena beberapa hal, spesies tersebut telah dinyatakan hampir punah sejak tahun 2000.

3.Sinarapan

Sinarapan merupakan suatu spesies ikan terkecil yang diperdagangkan di dunia. Spesies ini hanya bisa ditemukan di wilayah Bicol, Camarines Sur, termasuk Danau Buhi dan Bato.

Usaha konservasi juga telah dilakukan setelah ikan tersebut dinyatakan terancam punah karena terlalu banyak ditangkap.

4.Balut

Balut merupakanmakanan yang paling eksotis di Filipina. Makanan ini di cap sebagai makanan yang harus dicoba oleh wisatawan asing yang ingin mencoba rasa makanan lokal.

Makanan jalanan ini merupakan embrio bebek yang direbus hidup-hidup.  Cara makannya adalah dari cangkangnya.

Makanan ini dipercaya dapat merangsang vitalitas serta untuk obat saat mabuk berat.

5.Halo-halo

Halo-halo merupakan sebuah makanan penutup khas Filipina yang terkenal. Halo-halo secara harafiah berarti campur-campur yang dibuat dengan meletakkan manisan buah dan kacang-kacangan diatas es serut atau es krim.

Makanan ini merupakan cara terenak Filipina untuk melawan terik matahari.

6.Dinuguan

Dinuguan berarti berdarah. Makanan ini merupakan rebusan daging babi yang dimasak bersama darahnya.

Makanan ini awalnya hanya dimasak oleh orang-orang kurang mampu karena bahannya yang tidak sesuai dengan harganya.

7.Sisig

Makanan ini merupakan makanan khas warga Kapampangans. Sisig merupakan makanan yang renyah dan gurih yang terbuat dari kuping, wajah, liver, atau terkdang perut babi.

Bagian-bagian tersebut direbus, dipanggang, dan dibakar secara tradisional sehingga memberikan rasa asap yang nikmat. Daging ini juga biasanya dilumuri  oleh bumbu calamansi atau mayonnaise.

8.Black Nazarene

Balck Nazarene merupakan patung yang berada di Gereja Quiapo. Patung ini merupakan penggambaran dari Tuhan Yesus saat memikul salib.

9.Psst

Salah satu cara termudah untuk membedakan orang Filipina di dalam sebuah kerumunan adalah dengan memanggil mereka ”sit-sit”.

Beberapa ahli mengartikan hal  ini sebagai kebutuhan untuk dapat menyampaikan pesan kepada orang lain secara diam-diam.

10.Menunjuk Bibir

Selain sit-sit, menunjuk dengan bibir juga dipercaya merupakan keunikkan orang Filipina dalam menyampaikan pesannya.

Orang tua juga melarang anak muda di Filipina menunjuk menggunakan jarinya karena dipercaya dapat menyinggung makhluk-makhluk gaib.

Itulah 10 kebudayaan yang unik dan hanya ada di Filipina. Kebudayaan ini tentu saja masih sangat terjaga hingga sekarang.

Jika kalian berkunjung ke fIlipina, jangan heran kalau kalian melihat 10 budaya diatas. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Comment on Macam-macam Budaya Filipina Yang Wajib Kalian Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *