Keunikan Budaya Indonesia – Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan keberagaman suku, bangsa, dan bahasa. Hal ini sudah sejak dulu kala diakui oleh seluruh dunia. Berdasarkan TAP MPR No.II tahun 1998 Kebudayaan nasional Indonesia telah diatur sesuai detail berikut.

“Kebudayaan nasional yang Berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa. Dengan demikian pembangunan nasional merupakan pembangunan yang berbudaya. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Wujud, Arti dan Puncak-Puncak Kebudayaan Lama dan Asli bagi Masyarakat Pendukungnya”.

Keunikan Keunikan Budaya IndonesiaIndonesia5sumber “https://pelayananpublik.id/”

Jika kita melihat pulau-pulau yang dimiliki Indonesia sangatlah banyak, hal tersebut lantas juga membuat banyaknya provinsi-provinsi yang dimiliki. Terdiri dari 34 Provinsi yang tersebar di 5 pulau terbesar di Indonesia. Selain itu Indonesia juga memiliki banyak pulau besar dan kecil yang dimulai dari Pulau Sumatra, Sulawesi, Jawa, Kalimantan, sampai Papua.

Berdasarkan Sumber BPS pada tahun 2017, mencatat bahwa Indonesia memiliki 16 ribu pulau yang terdiri atas pulau besar dan kecil. Selain itu di satu kepulauan juga terdapat banyak memiliki bahasa daerah yang berbeda beda. Sebagai Informasi satu pulau bahkan bisa menghasilkan 7 bahasa yang berbeda-beda.

sumber “https://nawacitapost.com/”

Upacara Adat

Acara adat yang dilakukan tersebut sudah menjadi ciri khas dari setiap masing-masing suku yang berbeda-beda di seluruh Indonesia. Upacara adat yang dilakukan akan dilakukan sangat jauh berbeda dari setiap adat dari suku yang berbeda. Berikut beberapa upacara-upacara adat yang terdapat di pulau-pulau besar dari sabang sampai maraoke nya Indonesia.

  • SUMATRAsumber “https://www.indozone.id/”

– Peucicap (Aceh)

– Serak Gulo (Sumatra Utara)

– Tabuik (Sumatra Barat)

– Basuh Lantai (Kepulauan Riau)

  • JAWA

Keunikan Budaya Indonesiasumber “http://soloevent.id/”

– Seren Taun (Jawa Barat)

– Milton, Tedak Siti, Ruwatan, Kenduri, Grebegan, (Jawa Tengah dan Yogyakarta dan Jawa Timur)

– Dugderan (Semarang)

– Kasodo (Tengger)

– Seblang (Osing)

  •  Kalimantan

sumber “https://travel.tribunnews.com/”

– Baayun Mulud (Kalimantan Selatan)

– Tiwah (Kalimantan Tengah)

– Erau (Kalimantan Timur)

– Robo-robo (Kalimantan Barat)

  • SULAWESIKeunikan Budaya Indonesiasumber “https://blogkulo.com/”

– Mapasilaga (Toraja)

  • NUSA TENGGARA

– Ngaben (Bali)

  • MALUKUsumber “https://www.silontong.com/”

– Kololi Kie (Maluku Utara)

  • PAPUA

– Barapen (Papua)

– Sanapen (Biak)

sumber “https://www.jpnn.com/”

tu hanyalah acara adat yang ada di pulau terkenal di Indonesianya saja. Jika kalian menjelajahi dengan sangat teliti lagi, kalian akan menemukan banyak sekali jenis acara yang belum kalian ketahui sebelumnya.

Selain acara adat nya, Indonesia juga memiliki beragam jenis tarian yang berbeda-beda dari setiap pulau serta suku yang berbeda pula. Semua itu yang membuat Indonesia banyak disukai oleh banyak Negara di dunia.

Leave a Comment on Keunikan Budaya Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *