Kebudayaan Menarik Dari Negeri China

Negara China atau Tionghua memiliki berbagai tradisi serta kebudayaan yang sangat menarik. Negara dengan jumalh penduduk terpadat di dunia ini memiliki tradisi serta kebudayaan yang masih kental loh.

Mereka memiliki banyak budaya yang tidak dimiliki negara lain seperti misalnya kaligrafi, makanan khas, gaya berpakaian, bahasa, dan lain-lain.

Budaya China Yang Unik Dan Menarik

Nah, untuk kalian yang berencana pergi ke China, ada baiknya kalian mengetahui dulu budaya serta kebiasaan apa saja yang ada disana. Berikut penjelasannya.

1.Kaligrafi

Kalgrafi merupakan tulisan mandarin yang sudah ada sejak abad ke-2. Kaligrafi ini bertujuan untuk menyampaikan gagasan sekaligus menampilkan keindahan abstrak garis.

Kaligrafi China biasanya ditulis menggunakan kuas dengan mengandalkan pergelangan tangan yang bergerak dengan luwes.

Kuas yang digunakan terbuat dari bamboo dan tinta untuk menuliskan huruf – huruf China yang penuh makna. Kaligrafi China berasal dari gambar atau symbol.

2.Bahasa Mandarin

Bahasa resmi negara China adalah bahasa Mandari. Mandarin dalam bahasa Melayu sendiri memiliki arti menteri.

Mandarin adalah sebuah sebutan untuk pembesar-pembesar di China dari Dinasti Qing. Dinasti ini didirikan oleh suku Manchu. Karena itu, pembesar kekaisaran di sana disebut sebagai Manderen.

Sebenarnya, bahasa Mandarin memiliki arti Beifanghua dan bermakna bahasa percakapan utara yang merupakan bagian dari dialek yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat di bagian utara dan barat daya China.

3.Makanan Khas

Hampir di seluruh negara di dunia pasti mengenal makanan khas China. Masakan China memang terkenal dengam bumbunya yang sederhana namun memiliki rasa yang khas.

Masakan China biasanya tidak memerlukan waktu lama untuk dimasak sehingga dapat dihidangkan dengan segera dengan nikmat.

Masakan China misalnya ada Capcay, Kwetiau, Koloke, dan lain-lain.

4.Sumpit

Penduduk China biasanya lebih senang menggunakan sumpit sebagai alat makannya. Makanya jangan heran kalau setiap tahun sumpit bisa diproduksi hingga lebih dari 45 miliar batang.

Awalnya, sumpit digunakan sejak 3000 – 500 tahun yang lalu. Tradisi masyarakat Tionghua saat makan bersama adalah berkumpul bersama sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan.

Itulah mengapa agar pertemuan menyenangkan makan penggunaan alat makan yang tajam harus dihindari.

Sumpit berbentuk dua batang kayu yang sama panjang dan dipegang di antara jari-jari salah stau tangan.

Fungsi sumpit adalah untuk menjepit dan memindahkan makanan dari piring satu ke piring lainnya serta dari wadah ke wadah berikutnya atau langsung memasukkan makanan ke mulut.

Bahan yang digunakan untuk membuat sumpit biasanya adalah bambu, logam, gading, atau plastic. Permukaan sumpit juga telah dihaluskan atau dilapis dengan bahan pelapis seperti pernis atau cat supaya tidak melukai mulut dan terlihat menarik.

5.Cheongsam

Cheongsam merupakan sebuah pakaian untuk wanita yang ketat di badan dan memperlihatkan tubuh wanita. Cheongsam ini masih populer dan sering digunakan sampai saat ini.

Dulunya pakaian ini merupakan gaya busana yang dipakai oleh wanita kalangan atas, namun, sekarang ini sudah menjadi pakaian tradisional mereka.

Pakaian ini memiliki kancing di sisi kanan dengan bagian dada yang longgar dan ada tali di belah sisinya.

Cheongsam berbentuk sederhana sehingga tidak memerlukan banyak perlengkapan seperti selendang maupun sabuk. Pakaian ini biasanya terbuat dari katun atau sutera.

Itulah 5 kebudayaan yang unik dan menarik dari China. Semua kebudayaan ini hanya dimiliki oleh mereka dan sudah sangat dikenal di seluruh dunia. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *