Setiap negara memiliki beragam budaya berbeda, jadi jika berkunjung ke negara orang lain kita harus tahu adat juga peraturan yang negara tersebut terapkan. Salah satu negara yang memiliki peraturan unik ada di Rusia.

Keragaman yang ada di Rusia membuat kita harus memahami dengan betul segala macam peraturan di sana agar nantinya baik kita atau pun warga sekitar sama – sama nyaman. Berikut ini adalah beberapa peraturan yang wajib dipatuhi ketika sedang berada di Rusia.

Aturan Tidak Tertulis Rusia

1.Jangan Banyak Senyum

Jika di Indonesia, kita akan sangat sering tersenyum karena itu adalah budaya kita. Bahkan jika kita tidak tersenyum pada orang asing, kita akan dianggap sebagai orang yang sombong atau angkuh. Meski memang memiliki maksud untuk ramah, jangan terlalu banyak senyum jika berada di Rusia. Karena di sana tidak akan ada yang menganggap kamu sombong hanya karena tidak tersenyum.

Orang Rusia cenderung tersenyum hanya kepada kenalan atau kerabat saja. Bahkan mereka tidak akan merasa aman jika ada orang asing yang tersenyum kepada mereka.

2.Memanggil dengan Panggilan

Kita biasa memiliki sebutan tersendiri untuk orang – orang yang memiliki umur berbeda. Seperti penggunaan ‘Kakak’ atau ‘Adik’. Sedangkan di Rusia tidak memiliki cara khusus untuk memanggil orang lain. Tapi sapaan ini bisa dibedakan menurut tampilannya. Misalnya memanggil Devushka untuk mereka perempuan yang lebih muda, atau mo;odoy chelovek untuk laki – laki muda.

Sedangkan untuk yang lebih tua atau sudah tua, dipanggil Babushka untuk yang wanita, dan dedushka untuk pria.

3.Menukar Uang

Kalau uang yang dibawa kurang dan hendak menukar, usahakan melakukan transaksi di Bank. Pasalnya di Rusia banyak yang menawarkan penukaran uang dengan uang palsu. Oknum tidak bertanggung jawab ini menyebarkan uang palsu dan kemungkinan bisa kamu dapatkan saat sedang mencoba bertransaksi di luar bank.

Tapi kamu bisa juga mencoba melakukan penukaran uang di hotel. Kebanyakan hotel – hotel ini memiliki layanan penukaran uang, tapi kurs yang dipakai biasanya lebih tinggi.

4.Merokok

Dulu sebelum diberlakukan peraturan ini, orang – orang di Rusia dengan bebas merokok. Tapi kini mereka hanya bisa merokok di jalanan, dalam mobil pribadi, dan ruangan khusus untuk merokok. Jika kamu ketahuan merokok di tempat – tempat yang dilarang, bisa dikenakan denda hingga 1.500 rubel.

Bahkan jika kamu merokok di balkon, kamu akan dimintai ganti rugi kepada para tetangga. Selain itu di Rusia hanya diperbolehkan untuk merokok tembakau, bukan ganja.

5.Jangan Tanya Usia dan Gaji

Sama halnya di Indonesia, di Rusia menanyakan Gaji juga dianggap sebagai perilaku yang tidak sopan. Apalagi jika yang ditanya tidak terlalu akrab atau bahkan baru saling kenal. Tapi di Indonesia, menanyakan usia sepertinya menjadi hal yang sudah biasa, karena ini bisa menjadi penentu panggilan kita kedepannya. Tapi berbeda dengan di Rusia.

Di sana, semua itu dianggap merupakan urusan pribadi. Tapi biasanya jika terhadap sesama perempuan, itu dianggap hal biasa dilakukan. Berbeda dengan pria yang bertanya ke wanita.

Nah, itulah beberapa aturan unik di Rusia yang harus kamu perhatikan sebelum melangkahkan kaki ke sana. Banyak aturan – aturan yang akan membuat kamu harus bisa kembali melakukan adaptasi sehingga bisa dengan mudah diterima di sana, jadi acara pergi – pergi kamu menjadi lebih aman dan nyaman. Selamat berlibur!

Leave a Comment on Jangan Lakukan Ini di Rusia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *