Fakta Menarik Kebudayaan Suku Batak

Suku Batak identik dengan cara bicara mereka yang sering disalah artikan karena terdengar blak – blakan dan suaranya yang besar. Bahkan banyak karakter yang memperlihatkan kalau orang suku Batak galak – galak. Tetapi bagi mereka yang memang mengenal orang Batak atau bahkan merupakan suku Batak, itu merupakan hal yang tidak benar. Karena itu sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi suku batak.Selain cara bicaranya yang identik, banyak keunikan lain yang dimiliki oleh suku Batak. Berikut ini adalah beberapa keunikan budaya yang ada di suku Batak.

Budaya Suku Batak

Sama seperti beberapa suku lain, Suku Batak juga memiliki beberapa sub-suku. Yaitu terdapat Batak Toba, Batak Karo, dan juga Batak Simalungun.

Aturan menikah di budaya Suku Batak juga tergolong unik, yang di mana ada istilah Pariban adalah Rokkap. Pariban adalah sepupu, sedangkan Rokkap merupakan Jodoh. Sepupu yang dimaksudkan bukan merupakan sembarang sepupu, tetapi seperti Perempuan, dapat menikah dnegan anak laki – laki dari adik perempuan Ayah. Lalu untuk laki – laki dapat menikah dengan anak perempuan dari adik laki – laki ibu.

Selain itu masih berhubungan dengan pernikahan, ada Tuhor. Tuhor sendiri merupakan uang yang digunakan untuk membeli perempuan yang akan dilamar oleh laku – laki. Uang ini akan digunakan untuk membeli kebaya pengantin dan kebutuhan pernikahan lain.

Biasanya Tuhor  ini disesuaikan dengan tingkat pendidikan dari sang calon wanita, semakin tinggi pendidikan atau posisi pekerjaannya, maka akan semakin tinggi Tuhor-nya. Bagi orang Batak yang masih menjunjung tinggi adat, ini masih berlaku. Sedangkan bagi mereka yang sudah moderat, biasanya Tuhor bukan lagi menjadi masalah.

Mereka juga dilarang untuk menikah dengan yang satu marga atau tidak dalam satu marga, tapi masih dalam satu silsilah. Dalam adat Batak, beberapa marga masih dianggap berada dalam satu silsilah, jadi dianggap saudara. Sebabnya, dalam perkenalan mereka selalu menanyakan marga, sehingga mencegah cinta terhadang marga.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          

Orang Batak juga sedang martarombo, atau bertutur dan mencari hubungan saudara satu dengan lainna. Jadi ketika bertemu dengan orang, mereka akan menanyakan orang tersebut marga apa, lalu akan berusaha untuk mencari hubungan pertalian dengan marga sendiri.

Jika di Jawa ada kain batik, maka di Batak ada Mangulosi. Manguloasi sendiri merupakan kain tradisional yang ada di Batak. Terdapat bermacam – macam jenus uos, tergantung dengan pemakaiannya. Bahkan tidak jarang kain ini menunjukkan strata seseorang di lingkungan sosial.

Sekarang ayo kita bahas rumah adat Batak. Rumah Batak memiliki konsep yang unik dan memiliki makna tersirat pada bangunannya. Bangunannya berupa rumah panggung dengan pintu masuk yang rendah, artinya adalah tamu seharusnya menghormati sang tuang rumah dan ikuti aturan dari rumah tersebut.

Terakhir adalah hubungan antara cicak dengan orang Batak. Cicak dapat ditemukan di mana – mana, baik itu di rumah kecil, sedang, besar, perkampungan, dan juga perkotaan. Nah, ini diartikan orang Batak harus bisa beradaptasi dimanapun mereka berada. Selain itu mereka juga harus bisa bertahan hidup, tidak peduli sekeras atau seberat apapun permasalahan yang akan dihadapi oleh mereka ke depannya.

Itulah informasi yang bisa kami berikan mengenai budaya suku Batak yang mungkin baru kamu ketahui. Masih banyak budaya dan keunikan lain dari budaya Suku Batak, jadi kamu bisa cari tahu lainnya dari website kami, ya!

Semoga informasi ini dapat membantu kamu yang membutuhkannya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *