Liburan ke luar negeri akhir – akhir ini tampak menarik, ya. Salah satu negara yang sering menjadi pilihan untuk di tuju adalah Swiss! Tapi kamu tahu gak beberapa fakta menarik dari negara yang memiliki nama resmi Confoederation Helbetica ini?

Nah, kami akan membahas beberapa fakta menarik yang wajib kamu ketahui sebelum mengunjungi Swiss, berikut ulasannya!

Fakta Menarik Swiss

1.Memiliki Mata Uang Sendiri

Swiss bukanlah negara yang termasuk ke dalam Uni Eropa, hal itu membuatnya memiliki mata uang yang berbeda dengan negara di Eropa lainnya. Mata uang Swiss adalah Swiss Franc atau CHF.

2.4 Bahasa Nasional

Jika di Indonesia, kita memiliki 1 bahasa Nasional yaitu Bahasa Indonesia, berbeda dengan Swiss. Mereka memiliki 4 Bahasa Nasional. Bahasa yang digunakan oleh masyarakat di sana ada Perancis, Jerman, Italia, dan Rhaero-Romantch. Jadi jika kamu pergi ke Swiss, bisa menggunakan salah satu dari bahasa ini, ya!

3.Memiliki 208 Gunung

Bagi kamu yang gemar mendaki gunung, di Swiss terdapat 208 gunung, loh! Terapat 24 gunung yang bahkan mencapai tinggi hingga 4000 M. Puncak tertinggi dimiliki oleh Gunung Monte Rose yang mencapai 4634 m dan berada pada perbatasan antara Swiss dan Italia.


4.Memiliki banyak Air Mancur

Mungkin di Swiss, Air mancur merupakan hal yang akan sering kita temui. Pasalnya di kota Zuricc sendiri terdapat setidaknya 1224 air mancur yang tersebar di seluruh kota.

5.Hiking

Swiss memiliki lebih dari 1 Km rute untuk Anda yang gemar melakukan Hiking dan setiap ukuran kilometer persegi area, totalnya 62000 km rute jalan setapak untuk melakukan hiking.

6.Resort Ski

Terdapat 20 resort Ski yang tedapat di Swiss. Mereka berada pada ketinggian 9842 kaki atau bahkan lebih. Rute Ski terpanjang diantara 20 ini yang terpanjang di pegunungan Alpen adalah Klein Matterhorn-Zermatt.

7.Jam Terbesar

Tahukah kamu kalau ternyata Jam terbesar di Eropa terletak di kota Zurich?

8.Minim Tingkat Kriminal

Meski Swiss merupakan negara yang melegalkan senjata api, namun ternyata tingkat pembunuhan dengan menggunakan senjata api minim di Swiss. Bahkan di tahun 2010 lalu, hanya terjadi setidaknya 0.5% pembunuhan dengan menggunakan senjata api di Swiss.

9.Kursi Ikonic

Terdapat sebuah kursi raksasa yang memiliki 3 kaki di Jenewa. Kursi ini didedikasikan untuk melawan para penumbang di Swiss. Jangan lupa untuk menyempatkan diri ke sini, ya saat ke Swiss.

10.Memiliki Santa Claus Versi Sendiri

Di Swiss, mereka memiliki Santa Claus versinya sendiri. Jika biasanya kita melihat Santa Claus yang mengenakan jubah merah dengan jenggot putih dan tampak ramah, di Swiss Santa Clausnya memiliki wajah yang hitam serta memiliki tugas untuk mementung anak nakal dengan tongkat yang ia bawa. Nama dari Santau Claus versi Swiss ini adalah Schmutzli, yang berarti Kotor. Jadi jika kamu melihatnya saat berkunjung ke Swiss, jangan shock ya.

11.Cara Penggunaan Trolley

Jika di Indonesia, saat hendak menggunakan Trolley kita bisa dapat langsung mengambilnya, berbeda dengan kereta belanja yang ada di Swiss. Anda harus memasukkan 1 – 2 koin ke dalam lubang yang berada di atas kereta. Tapi jika sudah selesai menggunakannya, kamu bisa kembali mengambil koin tersebut.

12.Makanan Khas Swiss

Banyak makanan khas Swiss yang menarik untuk dicoba, seperti misalnya Foundue, Alplermagronen, Bernese Platter, Bernese Rosti, Geschnetzeltes, dan masih banyak lainnya. Ada juga keju Swiss yang terkenal, yaitu Raclette, keju yang langsung dilumatkan dari roda keju.

Nah, itulah beberapa fakta menarik mengenai Swiss. Jadi, sudah siapkah Anda mengunjungi Swiss?

Leave a Comment on Cek Fakta Menarik Swiss Sebelum Ke Sana, Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *