Budaya Negara Singapura, Negara Tetangga Yang Sangat Menjaga Kebersihan

Singapura merupakan salah satu tempat destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh warga Indonesia. Selain karena tem[atnya indah, Singapura juga merupakan negara yang paling dekat dengan Indonesia.

Negara yang terkenal dengan kebersihannya ini juga memiliki beberapa kebudayaan yang berbeda dengan negara lainnya.

Bagi kalian yang sudah sering pergi ke Singapura, mungkin kalian sudah tahu dan terbiasa dengan kebudayaannya.

Namun, buat kalian yang belum pernah keseini, jangan khawatir. Kalian bisa tetap mengetahui kebudayaan Singapura lewatt artikel berikut.

Negara Singapura Yang Unik Dengan Segala Budayanya

Jika ditelusuri lebih dalam, negara Singapura ini memiliki kebudayaan yang sangat indah dan unik. Selain itu, kebudayaan ini juga jarang ada di tempat lain loh.

Kebudayaannya yang beragam juga berasal dari etnis serta sukunya yang banyak dan berbeda-beda.

1.Bahasa

Singapura sendiri memiliki 4 bahasa resmi yang digunakan dalam percakapannya sehari-hari. Yaitu Melayu, Mandarin, Inggirs, dan Tamil.

Orang Singapura kebanyakan memiliki kemampuan multibahasa. Namun, orang Singapura juga memiliki bahasa sehari-hari. Bahasa ini disebut Singlish.

Bahasa Singlish berasal dari Inggris namun meminjam kata-kata dari bahasa Cina, Melayu, dan India. Selain Singlish, bahasa kedua yang juga sering digunakan adalah Mandarin.

2.Menjaga Kebersihan

Kalau di Indonesia menjaga kebersihan merupakan aturan, beda dengan di Singapura. Di negara tersebut, menjaga kebersihan merupakan suatu kebiasaan serta budaya yang sangat mereka taati.

Bahkan, negara ini mempunyai hukum yang ketat mengenai lingkungan, membuang sampah sembarangan, meludah atau merusak ruang publik.

Jika melanggar, warganya akan diberikan sanksi serta denda dan hukuman yang serius. Jadi, pastikan kalian juga menjaga lingkungan saat berada di negara tetangga ya.

3.Masakan

Masakan Singapura merupakan perpaduan yang menarik dari berbagai rasa dan bahan. Akibatnya, makanan menjadi sangat penting bagi identitas nasional di Singapura.

Dengan banyaknya budaya yang ada, orang Singapura juga sangat peka dengan pembatasan diet. Jadi, jika kalian merupakan vegetarian atau menjauhkan diri dari makanan tertentu, aka nada restoran yang melayani kalian.

Hidangan utama yang harus kalian coba disini adalah Nasi Ayam Hainan, Kepiting Cabai, Laksa, Hokkien Prawn Mee, dan masih banyak lagi.

4.Hukum

Hukum di negara Singapura sangatlah ditegakkan. Denda sangatlah mahal disana. Semua tempat dipasang CCTV.

Jika ada ynag berbuat curang, maka dipastikan akan ditangkap dan di ekspose di Koran secara besar-besaran. Kasusnya mungkin sepela, namun hukumannya benar-benar besar.

Di Singapura juga tidak ada demo. Karena pemerintah membuka channel untuk berdiskusi. Jika ada yang berdemo maka akan langsung di tindak.

5.Etnis

Ketiga terbesar kebudayaan di Negara Singapura adalah Etnis India yang kebanyakan dari suku Tamil. Sebagian besar dari etnis India di Singapura beragama Hindu.

Kebanyakan dari mereka juga bekerja sebagai pedagang, mulai dari rempah-rempah, parfum, kain, sampai makanan.

Ada juga etnis Eurasia yang membawa pengaruh penting bagi Singapura. Mulai dari kecanggihan teknologinya, infrastruktur kota, hingga pendidikan.

Kebanyakan etnis Eurasia berasal dari Inggris, Belanda, dan Portugis. Enis ini juga membawa kebudayaan Eropa-nya yang di padu-padankan dengan kebudayaan Asia.

Itulah 5 kebudayaan dari Singapura yang wajib kalian ketahui sebelum berkunjung kesana. Pastikan juga kalian selalu menjaga kebersihan saat berada di sana kalau gamau kena hukuman di negara orang lain.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *