Budaya Modern Swedia dan Segala Keunikannya

Setiap negara memiliki perbedaan masing-masing dalam hal budaya. Budaya sendiri adalah hal yang tumbuh karena sebuah kebiasaan yang secara turun-temurun dilakukan. Ini membuat budaya wajib untuk dilestarikan, karena dengan demikian anak cucu kita menjadi lebih tahu mengenai sejarah nenek moyangnya.

Kalau membicarakan budaya dunia, mari kali ini kita lihat budaya Modern yang ada di negeri dengan sejuta keindahan, Swedia. Di negara yang mendapatkan predikat sebagai negara paling baik ini memiliki budaya yang patut untuk kita jadikan pembelajaran yang bisa kita terapkan pada kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa budaya Modern yang dimilik Swedia yang bisa kita tiru atau bisa kita ambil nilai positifnya.

Budaya Modern Swedia

1.Mandiri

Orang-orang Swedia rata-rata merupakan orang yang mandiri, jadi jangan heran ketika di Swedia dan kamu terkadang harus melakukan segalanya sendiri, bahkan terkadang mereka memiliki layanan mandiri. Seperti misalnya kasir minimarket, kasir tiket, dan lainnya harus kita lakukan secara mandiri.

Mungkin jika pertama kali datang dan mencoba membayar, kita sebagai turis akan merasakan kebingungan. Tetapi mungkin ini adalah cara yang baik dalam memanfaatkan teknologi, memudahkan transaksi pengguna.

2. Lebih Cashless

Kalau di Indonesia, sepertinya belum lama ini kita mulai hidup dengan lebih cashless, itu pun sebagian orang didorong oleh ingin mendapatkan keuntungan berupa diskon. Bahkan beberapa orang masih menolak untuk menggunakan cashless karena alasan tertentu.

Berbeda dengan di Swedia, karena mereka kini lebih didominasi oleh pembayaran cashless. Segalanya serba praktis dengan bantuan Internet Banking, Mobile Banking, dan Credit card. Dengan demikian segalanya menjadi terasa lebih praktis, jadi hanya gesek tanpa menunggu kembalian atau menghitung uang.

Selain itu ternytaa di Swedia saat ini setidaknya hanya terjadi 0.5% transaksi tunai di tahun 2020 ini. Kira-kira kalau di Indonesia, kapan ya kita bisa mengubah gaya hidup menjadi lebih cashless?

3. Sistem yang terstruktur

Masyarakat yang ada di Swedia ternyata memiliki hidup yang lebih terstruktur, mau-tidak mau jika kita sebagai pendatang, maka harus menyesuaikan dengan gaya hidup yang dimiliki oleh mereka. Jadi kalau menetap di Swedia, bisa-bisa kita menjadi orang yang sangat terstruktur ketika beradaptasi di sana.

4. Kebebasan Menjelajahi Alam

Sama seperti negara lainnya, Swedia pun memiliki alam yang indah dan mereka membebaskan untuk menjelajahinya. Selain itu kebebasan untuk menjelajahi alam di Swedia pun sudah dilindungi oleh hukum yang sah.

Jika kamu tinggal di Swedia, maka kamu bisa menjelajah alam, boleh pula untuk tidur di hutan, gunung, atau padangnya. Yang penting adalah kita bisa Menjaga alam tersebut dan tidak boleh dirusak oleh tangan usil masunia.

Bahkan jika kamu menjelajadi Swedia, bisa loh menikmati segarnya buat Berry di sana. Nah, sikap ini disebut oleh orang Swedia sebagai Allemansr├Ątten, di mana merupakan konsep dari para individu masyarakat Swedia untuk bisa memiliki rasa tanggung jawab dalam menjaga alam.

Area yang dilindungi dari Swedia terbagi menjadi konservasi alam. Salah satunya adalah National Park yang memiliki status tertinggi, di sana mereka sangat menjaga keaslian dari tempat ini. Bahkan dilarang untuk membangun infrastruktur dengan jenis apapun.

Nah, itulah beberapa budaya modern yang ada di Swedia. Mereka selain bisa hidup dengan mandiri dan lebih terstruktur, mereka juga sayang pada lingkungan agar bumi tetap indah nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *