Budaya atau Kebiasaan Masyarakat Korea Selatan

Kalau membicarakan mengenai Korea Selatan, sepertinya banyak hal yang bisa kita bahas. Seperti misalnya mengenai makanannya, hiburannya, dramanya, dan masih banyak hal lainnya. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai budaya dari negeri ginseng tersebut.

Ternyata banyak, loh daya tarik yang dimiliki oleh Korea Selatan perilah budaya mereka. Hingga kini ternyata masih banyak keunikan budaya Korea Selatan yang kini mereka terapkan pada kehidupan sehari-hari.

Budaya Korea Selatan

1.Konsumsi Kimchi

Yang paling umum dan sepertinya banyak orang tahu adalah kebiasaan orang Korea untuk makan kimchi. Kimchi sendiri merupakan makanan dengan irisan sayur kubis yang sudah difermentasi, lalu ini akan dipadukan dengan cabe merah.

Rasa kimchi peda dan asam, ini cocok untuk dikonsumsi dengan makanan lain, seperti misalnya ayam goreng pedas, bibimbap, bahkan nasi goreng sekalipun.

Makanan sehat ini memiliki banyak lactobacilli, probiotik, yang memiliki khasiat baik dalam melancarkan metabolisme yang ada pada tubuh. Selain itu bumbu cabainya kaya akan nutrisi vitamin A dan vitamin C.

2. Menggunakan Hanbok

Mungkin jika sering menyaksikan acara-acara Korea Selatan, kita akan sering melihat para aktrinya menggunakan pakaian tradisional satu ini. Warna hanbok dari Korea Selatan cenderung cerah dan tidak terdapat Saku. Hanbok yang digunakan oleh para bangsawan biasanya dibedakan dari milik rakyat biasa, tetapi saat ini sudah tidak ada lagi sistem tersebut.

Sekarang masyarakat Korea Selatan menggunakan pakaian ini pada saat acara khusus, seperti misalnya saat pernikahan, ulang tahun, atau lainnya. Untuk wanita biasanya ditambah dengan menata rambut mereka menggunakan tusuk rambut, sedangkan untuk pria biasanya ditambah dengan rompi sebagai hiasan tambahan.

3. Hanok

Selain baju tradisional, Korea juga memiliki rumah tradisional, di mana jika kita melihat film-film Korea rumah dengan jenis ini masih bisa kita temukan. Selain itu rumah-rumah dengan jenis ini memiliki tampilan yang unik baik dari desain atau arsitekturnya.

Rumah Hanok sendiri dianggap mencerminkan hubungan di antara manusia dengan alam. Perhatikan saja bentuk bangunannya yang bisa membuat kita merasakan lebih sederhana juga tenang.

Meski di Korea kini sudah jarang ditemukan bangunan dengan jenis ini, tetapi hingga kini kita masih bisa menemukannya. Bahkan pemerintah Korea Selatan sengaja memugar desa yang terdapat banyak bangunan rumah Hanoknya. Dengan demikian desa-desa ini bisa juga sekaligus menjadi lokasi wisata.

4. Jajan Streetfood

Mungkin ini lebih mengarah pada kebiasaan masyarakat Korea Selatan yang gemar jajan di pinggir jalan Korea Selatan ketika pagi hari. Ini biasanya dilakukan sambil menuju ke tempat kerja atau sekolah.

Jajanan yang ada di Korea Selatan sendiri biasanya dijajakan dengan menggunakan mobil mobil terbuka atau dengan tenda. Selain itu ada juga yang menjajakannya dengan menggunakan rumah mereka serta menyediakan meja dan kursi.

Makanan-makanan yang dijual berbagai macam, ada odeng, tteokbokki, panekuk, dan masih banyak lainnya.

5. Beryeong Mud

Terakhir dan tidak kalah menarik ada Baryeong Mud atau festival lumpur, sebuah acara yang sudah dilakukan sejak tahun 1998. Keunikannya ini membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk mengikuti acara ini. Lumpur sendiri dipercaya bisa memiliki khasiat yang baik untuk kulit.

Dalam festival ini akan banyak kegiatan yang dilakukan dalam lumpur, seperti misalnya gulat lumpur, pijat lumpur, akupunktur, dan masih banyak lainnya.

Nah, itulah beberapa budaya dan kebiasaan yang ada di Korea Selatan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *