Budaya Arab Saudi

Setiap muslim di seluruh dunia pastinya ingin menunaikan ibadah ke Tanah Suci. Banyak yang menabung agar bisa berangkat umroh ke Mekah, apakah kamu termasuk salah satu diantaranya?

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, sebaiknya persiapkan diri dengan optimal. Salah satunya adalah dengan mengenal budaya yang ada di sana. Ini merupakan hal yang penting karena bisa mengatasi kamu mengalami culture shock ketika berada di sana.

Berikut ini adalah beberapa budaya yang ada di Arab Saudi.

Budaya Masyarakat Arab Saudi

1.orang Arab Gemar Berbasa – basi

Pertama, orang Arab gemar melakukan basa – basi, mereka tidak terlalu suka berbicara to the point. Berbeda dengan budaya Barat yang lebih cenderung ekspresif dan mengatakannya secara langsung. Untuk bisa menyampaikan maksud aslinya, orang Arab akan mengatakan berbagai hal berbasa – basi, seperti menanyakan kabar saudara dengan berulang – ulang.

2.Ekspresi Dengan Bahasa Tubuh

Orang Arab terbiasa berbicara menguncupkan jari – jari di tangannya dengan ujung menghadap atas sebagai kata pengganti Tolong Pak, Tunggu Sebenta, atau Sabar Sedikit.  Selain itu mereka juga akan saling merangkul dan mencium pipi saat berjumpa dengan sahabat. Ini merupakan perilaku yang dianggap tidak lazim di negara lain, termasuk di Indonesia.

Mereka tidak sungkan untuk menunjukkan kedekatan mereka, jadi jangan kaget saat melihat seorang pria Arab yang memeluk tubuh pria lain erat – erat. Ini bukan menandakan mereka Gay, hanya saja mereka memiliki rasa hormat yang tinggi.

3.Keras Bukan Marah

Jika di Arab Saudi melihat orang – orang yang berbicara dengan intonasi yang keras, itu tidak selalu menandakan ia sedang marah. Itu adalah cara mereka untuk mengekresikan kekuatan dan ketulusan, terutama pada orang yang disukai.

Terkadang petugas Arab Saudi saat memeriksa paspor atau surat lain memang tampak sedang marah, sebenarnya tidak. Selain itu jika bertemu dengan orang Arab, jangan banyak tersenyum pada mereka. Jika di Indonesia senyum menandakan keramahan, di sana mereka bisa menganggap kita tengah menggoda mereka.

4.Antara Budaya Arab dan Islam

Arab Saudi memang merupakan negeri kelahiran Islam, tapi itu tidak menandakan kalau 100% penduduknya berperilaku Islami. Budaya yang ada di Arab dengan segala pernak perniknya, termasuk dengan cara dan etika saat berkomunikasi tidaklah selalu santun seperti yang Al-Qur’an ajarkan.

Bahkan kono katanya ada 2 jenis orang Arab, yaitu yang tipe Abu bakar dan tipe Abu Jahal. Mereka yang mendapatkan pendidikan Islam dan meresapinya akan berperilaku baik seperti Abu Bakar. Sedangkan yang berperilaku buruk dianggap seperti Abu Jahal.

5.Berkendara di Sebelah Kanan

Jika di Indonesia kita terbiasa berkendara di sebelah kiri, untuk di Arab Saudi mereka adalah sebaliknya. Baik untuk menurunkan penumpang, menaikkan penumpang, semua berada pada sebelah sisi kanan jalan.

Untuk para wanita jangan berpergian sendirian, diwajibkan untuk pergi bersama mahram/ suami, termasuk ketika sedang naik taksi. Saat menaiki taksi, suami masuk terlebih dahulu setelah itu istri. Sebaliknya, saat turun istri turun terlebih dahulu, baru suami. Ini untuk mencegah Istri dibawa kabur supir taksi.

Itu tadi adalah beberapa kebudayaan yang ada di Arab Saudi. Berbeda, ya, dengan apa yang ada di negara kita ini. Oleh karena itu kita jangan sampai berpikir negatif dengan apa yang mereka lakukan, karena itu merupakan perbedaan budaya yang harus kita pahami. Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *