8 Kebiasaan Budaya Malaysia Yang Harus Diketahui

Malaysia merupakan negara yang bertetangga dengan Indonesia. Suku yang ada di sana juga sebagian besar berasal dari suku Melayu.

Warganya sendiri merupakan orang-orang yang unik dengan ras dan kepercayaan yang berlainan. Hal inilah yang membentuk keberagaman budaya di Malaysia.

Nah,untuk kalian yang berencana liburan ke Malaysia dalam waktu dengan, ketahui dulu beberapa kebudayaannya agar kalian bisa lebih mengenal mereka.

Kebiasaan serta Budaya Unik Dari Malaysia

Bagi orang-orang yang belum terlalu mengenai Malaysia, mungkin beberapa kebudayaan ini akan terdengar aneh. Namun, itulah yang menjadikan negara ini beda dari yang lainnya.

1.Sebutan Bibi Atau Paman

Orang Malaysia sejak kecil selalu diajarkan untuk menghormati orang-orang yang lebih tua. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan rasa hormat.

Mereka memanggil orang yang lebih tua dengan sebutan paman atau bibi. Namun, tidak sampai setua kakek atau nenek karena ada sebutan lainnya untuk mereka.

Panggilan ini juga dipakai pada pedagang atau orang yang tidak dikenal. Bukan hanya untuk kerabat saja seperti yang dilakukan di Indonesia.

2.Tidak Sadar Waktu

Di Malaysia, ada peribahasa yang sering digunakan ketika telat mengikuti rapat atau upacara, yaitu “waktu Malaysia lah!”.

Hal ini dikarenakan orang Malaysia tidak memandang waktu sebagai komoditas. Karena itu, mereka sangat longgar dan terbiasa telat untuk bertemu atau rapat.

3.Ugal-Ugalan

Orang Malaysia termasuk orang-orang yang ugal-ugalan dan egois soal etika di jalan raya. Mereka tidak suka menyalakan indicator sinyal, tailgating, serta tidak taat hukum.

Mereka juga suka mengedip-ngedipkan lampu depan sehingga sangat membahayakan nyawa banyak orang.

4.Uang = Hadiah

Negara ini punya banyak sekali hari raya serta musim perayaan. Kebiasaan yang mereka lakukan adalah memberikan sebuah pakett kecil berisi  uang kepada para tamu (biasanya lebih muda).

Di musim perayaan seperti Tahun Baru China, Idul Fitri, dan pernikahan, sangat lazim bagi mereka untuk memberikan uang dibanding harus susah-susah mencari hadiah.

5.Mengabaikan Peraturan

Salah satu karakter yang tidak patut di contoh dari negara ini adalah sebagian dari mereka sangat tak acuh terhadap papan tanda atau peraturan public.

Mereka bahkan bisa merokok di area dilarang merokok, parker di sembarang tempat, serrta memakain lajur darurat bebas hambatan.

6.Awal Percakapan

Orang Malaysia biasanya membuka percakapan mereka dengan pertanyaan “sudah makan” hal ini dikarenakan mereka punya budaya yang sangat food-centric.

Hal ini sama dengan sapaan “apa kabar?”  yang ada di Indonesia. Jadi untuk kalian yang baru mendengar ini, mungkin akan terkesan sedikit aneh namun itulah mereka.

Selain itu, kebanyakan dari orang Malaysia menguasai beberapa bahasa sekaligus. Hal ini cukup dimanfaatkan dalam penyampaian pesan satu sama lain.

7.Memotong Antrean

Memotong antrean bisa membuat orang lain marah apalagi saat mereka sudah menunggu giliran dengan sabar.

Walau begitu, orang Malaysia suka sekali memotong antrean jika ada kesempatan seperti mengantre di bioskop atau jalan raya.

8.Tak Ada  Tisu Toilet Gratis

Biasanya, di WC umum pasti akan tersedia tisu toilet. Namun, beda dengan Malaysia. Jika kalian menemukan tisu toilet di WC Umum, mungkin itu adalah hari keberuntungan kalian.

Biasanya, di luar WC aka nada paman atau bibi yang menjual paket tisu toilet kecil dengan harga 50 sen atau RM 1.

Itulah 8 kebiasaan serta budaya Malaysia yang harus kalian tahu sebelum pergi ke sana. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *