Sekarang ini, terdapat 1 negara di Asia, yakni Vietnam yang dijadikan sebagai tujuan wisata para wisatawan mancanegara. Alasan mereka melakukan wisata ke Negeri Naga Biru dikarenakan adanya wisata alam yang luar biasa bagus. Disamping itu biaya perjalanannya relatif lebih murah dibanding negara Asia Tenggara lainnya.

7 Kebudayaan Khas Negeri Vietnam

Sebelum Anda pergi Ke Vietnam, ada baiknya kalian perlu mempelajari budaya negara Asia Tenggara ini terlebih dahulu, supaya bisa lebih menghormati mereka.

Ada beberapa fakta unik yang bisa kalian temukan disini. Ada apa saja? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

sumber “https://katalogwisata.com/”

1.Pakai Piyama

Bagi masyarakat Indonesia, piyama mungkin merupakan pakaian yang digunakan ketika tidur saja. Namun nyatanya tidak demikian dengan masyarakat Vietnam. Mereka selalu menggunakan piyama kemanapun mereka pergi, baik acara resmi atau hanya sekedar nongkrong. Bahkan, memakai piyama sudah menjadi sebuah kebiasaan masyarakat disana.

sumber “https://travel.detik.com/”

2.Makan Kuliner Ekstrem

Di Vietnam, ada sebuah makanan yang bernama arak ular kobra dan ulat sutra goreng. Kuliner ekstrem ini tidak akan bisa kalian temukan di Indonesia. Tempat Kuliner satu ini wajib kalian datangi ketika pergi ke Vietnam. Berani mencicipi atau tidaknya, itu urusan belakangan.

Kalau Anda berani, tidak ada salahnya jika kalian untuk mencicipi kuliner ekstrem yang satu ini, dikarenakan kuliner ini juga tidak tersedia di Indonesia.

Kebudayaan Khas Vietnamsumber “https://lifestyle.okezone.com/”

3.Punya Dua Nama

Hampir semua warga di Vietnam pasti memiliki beberapa nama. Satu nama asli, satunya lagi nama panggilan. Bedanya, nama panggilan di Vietnam biasanya jauh berbeda dengan nama asli. Tujuannya adalah agar kedua nama mereka tidak sulit diucapkan oleh para wisatawan.

Tak banyak juga orang luar Vietnam yang tidak bisa mengeja nama mereka dengan baik dan benar. Hampir semua guide membuat nama kedua yang lebih mudah seperti Thomas, Simon, dan lain-lain.

4.Pasar Jodoh

Kebudayaan Khas Vietnamsumber “https://www.loa.fm/”

Untuk kalian yang masih menjomblo dan sulit mencari pacar,  mungkin kalian bisa berlibur ke Vietnam karena, disana ada tradisi pasar jodoh. Tradisi ini dilakukan oleh satu suku di Vietnam dengan menggelar pasar jodoh setiap tahun.

Acara Pasar Jodoh ini diadakan setiap bulan Mei setiap tahunnya. Dimana berlangsung dengan cara memajang puluhan gadis single lalu para pria memilih salah satu dari mereka untuk dijadikan jodoh.

5.Kursi Jadi Meja

Kebiasaan ini sebenarnya juga banyak dijumpai di Indonesia. Bedanya, kalau di Vietnam, hampir semua warung pinggir jalan pasti menggunakan kursi sebagai meja makan. Pemandangan orang yang makan duduk di pinggir jalan sambil menikmati santapan mereka di atas kursi ini pun sudah jadi hal unik ketika berada di Vietnam.

6.Helm Khusus Wanita

Di Vietnam, juga terdapat sebuah helm bertopi yang memang didesain bagi para wanita. Helm ini memiliki lubang di bagian belakang layaknya topi. Lubang tersebut digunakan untuk menata rambut panjang para perempuan agar bisa dikuncir kuda. lubang pada topi ini juga berujuan agar rambut tidak terasa mengganjal saat digunakan.

sumber “https://www.idntimes.com/”

7.Plat Motor Hanya Dibagian Belakang

Sebagai informasi kalau berada di Indonesia, kondisi seperti ini sudah pasti bakal kena tilang polisi. Namun di Vietnam cukup menggunakan satu buah plat motor di bagian belakang.

Demikianlah 7 budaya yang unik serta khas dari negara Vietnam ini. Setiap negara pastinya memilik budaya-budaya ini sendiri yang sangat terjaga sehingga kita sebagai orang luar harus bisa menghormati serta beradaptasi dengan kondisi ini.

Nah, setelah mengetahui hal ini, sudah dipastikan kalau kalian sudah siap untuk pergi berlibur ke Vietnam bersama keluarga. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih

Leave a Comment on Kebudayaan Khas Vietnam Terunik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *