6 Budaya Unik Dari Arab Yang Harus Kamu Ketahui

Arab Saudi merupakan salah satu destinasi yang sering didatangi oleh masyarakat Jakarta. Kebanyakan dari mereka datang untuk melakuka Umroh serta Haji terbesar di dunia.

Pada setiap tahunnya, umat Islam dari Indonesia selalu berbondong-bondong untuk datang ke arab Saudi demi menjalankan ibadah.

6 Budaya Arab Saudi Yang Harus Kamu Tahu

Namun, mungkin tidak semua masyarakat Indonesia tahu mengenai kebudayaan yang ada di tanah suci tersebut.

Nah, untuk kalian yang sudah memiliki rencana untuk pergi ke arab Saudi, ada baiknya kalian mengetahui dahulu apa saya sih kebudayaan yang mereka punya.

1.Budaya Mujamalah

Orang arab biasanya tidak suka berbicara spontan. Mereka akan mengungkapkan maksud aslinya dengan berbicara banyak hal terlebih dahulu serta banyak basa-basi (mujamalah).

Untuk bertanya kabar kepada teman, mereka akan mengungkapkannya berkali-kali. Meski sudah berkata sesuai maksdunya, orang Saudi kadang masih mengira yang dimaksudkan adalah hal lain.

2.Keras

Orang arab biasanya akan bersuara keras saat mengekspresikan kekuatan serta ketulusannya apalagi untuk orang yang mereka sukai.

Sayangnya, banyak orang yang mengira bahwa saat mereka berbicara keras, itu berarti mereka marah. Padahal tidak.

Sebaliknya, kalian juga tidak boleh murah senyum saat berada disana. Karena, kalian justru akan dianggap menggoda walaupun maksud kalian adalah menunjukkan keramahan dan kesopanan.

3.Bahasa Tubuh

Orang arab akan menguncupkan semua jari-jari tangannya dengan ujung menghadapt keatas. Hal ini digunakan sebagai pengganti kata-kata “tolonglah Pak” atau “tunggu sebentar!” atau “ tolong sabar sedikit !”

Budaya lain orang arab adalah mereka akan saling merangkul sambil mencium pipi dengan bibir saat berjumpa dengan teman dekat. Ini merupakan suatu perilaku yang dianggap tidak lazim oleh bangsa lain di dunia.

Merangkul sesame teman juga merupakan hal yang biasa disana. Malahan, kalua kalian menolak rangkulannya, mereka malah akan tersinggung.

4.Budaya Islam

Arab Saudi dikenal sebagai negeri kelahiran Islam. Anggapan ini juga disertai dengan umumnya masyarakat Saudi merupakan Muslim.

Namun ternyata tidak 100 persen demikian. Mereka juga merupakan bagian dari budaya Arab dengan segala etika berkomunikasi dan hal-hal lainnya.

Konon, ada 2 tipe orang arab, yaitu Abu Bakar dan Abu Jahal. Abu bakar merupakan orang arab yang berpendidikan Islam dan meresapi ajarannya. Sedangkan Abu Jahal merupakan mereka yang sedang tidak menjalankan akhlak Islam.

5.Bergandengan Tangan Sesama Lelaki

Bagi masyarakat Idonesia, bergandengan tangan dengan teman laki-laki mungkin merupakan hal lazim. Namun tidak dengan orang arab,

Mereka akan meneriaki sesama lelaki yang berjalan bergandengan tangan. Mereka akan berkata “Kamu homo apa bagaimana? Itu aib!”

Namun, lain halnya jika sepasang suami istri (perempuan dan laki-laki) yang bergandengan tangan di Saudi.

6.Berkendara di Sebelah Kanan

Jika di Indonesia semua kendaraan wajib berda di sebelah kiri, lain haknya dengan arab Saudi. Kendaraan disini akan berada di jalur sebelah kanan termasuk saat menaikkan atau menurunkan penumpang.

Untuk wanita, kalian juga tidak boleh berpergian sendiri. Harus bersama suami atau rombongan. Termasuk pada saat menaiki taksi, laki-laki harus naik duluan dan keluar belakangan.

Hal ini untuk menjaga agar sang istri tidak dibawa kabur oleh sopir taksi. Saat menaiki lift juga harus didampingi.

Hati-hati juga dengan kebiasaa para remaja disana yang sua ugal-ugalan. Mereka bahkan bisa melakukan aksi ekstrem di jalanan.

Itulah 6 kebudayaan dari arab Saudi yang harus kalian tahu sebelum pergi kesana. Gimana? Sudah mengerti kan dengan kebudayaannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *