budaya jepang

Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuahh kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Budaya ini terbentuk dari banyak unsur termasuk agama, suku, bahasa, pakaian, politik, dan lain-lain.

Setiap negara pasti memiliki kebiasaan yang menjadi budaya mereka sendiri. Tak terkecuali dengan Jepang.

5 Kebudayaan Unik Dari Jepang

Negara yang dikenal sebagai  negeri Sakura ini terbentang dari Selatan ke Utara. Karena itulah, budaya Jepang pasti sangat beragam.

Nah, untuk kalian yang ingin tahu apa saja budaya dari Jepang, yuk simak dibawah ini.

1.Pakaian Tradisional

Jepang memiliki pakaian tradisional yang disebut Kimono. Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa Kimono merupakan pakaian dari Jepang. Dulunya, kimono digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Namun sekarang, kimono hanya digunakan untuk acara-acara khusus saja. Kimono juga bisa digunakan oleh pria maupun wanita.

Kimono pria biasanya lebih sederhana baik dalam segi design, motif, atau warna yang biasanya didominasi olehh warna gelap seperti hijau tua, coklat tua, biru tua, atau hitam.

Sedangkan kimono wanita dikenal memiliki beberapa jenis yang menunjukkan umur pemakai, status perkimpoian, dan tingkat formalitas dari acara yang dihadiri.

Selain itu, kimono wanita juga memiliki berbagai aksesoris tambahan yang cukup banyak.

2.Geisha

Geisha merupakan seniman penghibur tradisional di Jepang. Geisha mulai muncul dan menjadi sangat umum pada abad ke-18 dan 19. Serta masih terkenal hingga sekarang.

Sebutan lain untuk Geisha adalah Geiko  atau Maiko. Istilah ini mulai dipakai pada zaman Restorasi Meji.

Saat pertama kali muncul, Geisha adalah laki-laki. Namun, wanita mulau mengambil alih peran. Istilah Geisha juga sempat berubah menjadi Onna Geisha atau seniman wanita. Namun sekarang Geisha hanya diperbolehkan untuk perempuan saja.

Geisha tradisional  dilatih sejak  masih muda. Rumah-rumah Geisha seringkali membawa gadis yang masih muda dari keluarga miskin dan mereka dibesarkan serta dilatih di rumah tersebut.

Geisha modern tidak lagi dibelikan rumah Geisha untuk diangkat sebagai anak didik. Menjadi seorang Geisha sekarang sudah bersifat sukarela. Sekarang, paling banyak Geisha mulai pelatihan mereka  saat masih umur belasan.

3.Upacara Minum Teh

Upacara minum teh atau yang dikenal dengan Chad atau Sad merupakan upacara yang mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah yang mencakup antara tujuan hidup, cara berpikir, agama, apresiasi peralatan upacara minum the dan cara meletakkan benda seni di dalam ruangan chashitsu.

4.Ikebana

Ikebana merupakan seni merangkai bunga.  Di Jepang, Bunga memiliki kehormatan karena dianggap sebagai tempat bersemayamnya Tuhan.

Bunga dirangkai dalam suatu bentuk tertentu dan diletakkann di altar utama. Awalnya, cara dalam pembuatan bunga sangatlah sederhana.

Namun saat ini pembuatan bunga semakin sulit dan kompleks serta butuh pembelajaran keahlian dalam pembuatannya.

5.Kendo dan Judo

Kendo merupakan olahraga bermain pedang bamboo sedangkan Judo adalah nama  olahraga bela  diri  dari Jepang.

Kata Do yang terdapat pada akhiran kata mempunyai arti yang sama, yaitu jalan dan jika ditulis dengan huruf kanji mempunyai lambing jalan.

Peralatan yang digunakan pada Kendo yaitu seragam yang dikenal dengan nama Kendo gi dan hakama.

Selain itu, ada Pedang dari Bambu yang bernama shinai, pelindung kepala, atau men, pelindung badan atau do, pelindung tangan atau kote, pelindung paha atau tare.

Itulah beberapa budaya yang dimiliki oleh orang Jepang. Berbagai kebudayaan unik ini masih sangat dilestarikan disana. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Comment on 5 Macam Budaya Jepang Yang Harus Kalian Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *